86 comments on “UPGRADE VARIO 125 PGM FI – MENINGKAT 1,7 HP

  1. Nice works gan…
    Ajib dehh wantupepnya..
    Sedikit perubahan, tetapi menghasilkan banyak peningkatan..

    Ane masih terkejut dgn ubahan yg agan lakukan, tapi peningkatan power smp 2 HP lebih..
    Bukan cuma dgn feeling lg pembuktiannya, tpi lngsung diatas mesin dyno..

    Yg bikin ane terkejut lg, keren beneerr AHASS di sidoarjo punya layanan test dyno gtu..
    Cuma 6 rebay lg..
    Di jkt katro bener ahassnya..

    Lebih aktif lg dong di vario on kaskus, biar kita2 bisa nyontek ilmunya..😀

    Keep share experince gan..😀

    • Thanks gan ubahan motor ane tidak begitu exstrim namun hasil maxi… ciri motor honda standart gan tdk bisa diubh terlalu banyak kalo cuman utk harian… salam kenal gan dan mohon masukan dan sarannya

      • Mas bro, tolong juga ya berapa hasil konsumsi bahan bakarnya. Apakah setelah upgrade tambah irit atau sebaliknya? Hehe, penasaran sama injeksi vario. Sepintar apakah dia.xixi🙂🙂🙂🙂🙂🙂

      • hallo boss,saya sudah baca semua artikel yang anda tulis,saya salut dengan ulasan anda yang sangat detail dan jelas.
        saya mau tanya,kalau HPnya di up grade 2HP/2,5HP apa aja yg perlu di ganti ya?
        apa masih nyaman untuk dibawa harian?
        lalu kendala apa yang akan muncul?
        apa akan membutuhkan perawatan yang lebih intensif?

        intinya sih,, ingin motor saya punya tenaga yang besar di putaran rendah dan putaran tinggi karena selain faktor berat badan saya yang zZzzz… saya juga selalu mepet kalau berangkat kerja..
        jadi butuh motor yang punya power besar dan bisa lari,tapi gak mau resiko kerusakan fatal akibat bore up,jadi hanya mengganti komponen2 di sektor2 kecil seperti ulasan yang anda sarankan diatas namun menghasilkan performa yg memuaskan..🙂
        kira2 apa aja yang perlu di ganti boss?

      • Makasih mas bro atas opini artikel saya yang masih perlu penyempurnaan. Kalo mau meningkatkan HP sampe 12 up saya masih belum mencoba (tanpa bore up). Coba anda lakukan perubahan yang sederhana dulu aja terutama untuk saluran udara masuk. Dengan ubahan ini motor sudah ada perubahan yang signifikan ; baca link :
        https://gisikuntung.wordpress.com/2012/08/30/ganti-karet-saluran-udara-berukuran-besar-vario-125-pgm-fi/

        http://wp.me/p2HoaF-1k

        Selamat mencoba

  2. Bro kok liat di foto platnya L… boleh tanya2 ga itu sparepart dptnya dimana? ane nyari roller 16gr susahnya seumur2, klo bs yg rekomended mekaniknya hehe… Thanks

    • Sampean dr surabaya jg ?. Kalo mau info lebih banyak dtg aja ke Indomaret jln A yani (deket auto 2000) biasa kumpul hr jumat mlm jm 9. Sampean bisa share sama rekan2 WTF surabaya ttg keluhan/masalah/performa motor WTF

      • iyo arek keputih bro, keluhan mah standar (karna memang msh standar motornya) ok kalo ga ada acara ikut nimbrung ya bro disitu, -tyo Salam kenal (y)

  3. Wahh mantap nih.. maen amat, dapet maksimal.. Pengen banget banget WTF nya di gituin cuma modal 500rban.. Tapi jauh euiii.. ane di Tangsel.. ~_~ seandainnya Jabodetabek ada yg bisa gituin yaaa😦

  4. syang sya di purwodadi smrang broo…jauuhhh..pgn kopdar,ma sharing…tpi btw sipp buat tips2nya..mksih broo

  5. permisi gan gisix, mau tanya untuk beli FR ukuran 18gr dimana ya? saya domisili surabaya, sdh keliling toko variasi, kok gak ada yg jual FR merk techpulley. mohon petunjuk dari gan gisix. maturnuwun

  6. siap gan, trmksh ats petunjuknya. maaf tanya lg om gisix, klo dari rumus om gisix d ats untuk trek luar kota perlu penambahan apa ya? krn sya domisili waru dan tiap 2 hr skali ke luar kota (jombang). mohon petunjuk dr om gisix..maturnuwun

  7. siap gan gisix. nanti ane terapin di vartec ane. trmkasih ats petunjuk yg muuuaanttaabbs abis..maturnuwun sanget…tq

  8. permisi poro sedulur..terutama KELUARGA BESAR gan gisx, mau tanya ttg VARTECH saya. sdh sy lakukan penggantian Flying Roller 18gr dan per CVT 1000rpm ( tp punya vario) merk KTC, pnp 9 power.(bobok knalpot belum, dan pembesaran selang udara jg belum) utk akselerasi ok banget, tarikan mantab (beda dg sebelum di ganti), tp top speed mentok tertahan di angka 100kpj. (test di by pass krian). yg mau sy tanyakan : 1. apakah beda karakter untk per CVT vario 1000rpm dan beat 1000rpm?
    2. utk sm dgn punya gan gisix ( yg bs lari 124kpj ) apa yg perlu ditambah?
    triimaksih bwt ramuan nya gan gisix

    • 1. CVT vario dan beat 1000 rpm hampir sama. Cuma Per KTC Beat sedikit panjang.
      2. Upgrade sudah dijelaskan lengkap diblog silahkan coba yg sdh saya lakukan.

  9. Di ane stlah pnggantian smua nih bikin motornya serasa ndut-ndutan saat 0-15km, setelah ganti per cvt ke standar, ndut2annya berkurang, apa bnr gnti per cvt yg agak keras bikin kampas kopling kurang melekat sempurna ya?

  10. salam kenal agan Gisix….sy baru aja ganti ban motor dpn ama blkg pake ukuran 90/90 ama 110/90. tarikan terasa berat diawal ngegas–ada saran biar tarikan awal dak berat sama kecepatan tetep ok?tq

    • Wih..gede amat bro.. ban belakangnya. Ada dua cara mudah agar motor tdk berat krn ban tsb. :
      1. Ganti roler lebih ringan misal 12 atau 13 gr.
      2. Bos puli depan (bos drive pully) diganjel ring plat tebal 0.5mm dimana posisi ring tsb diletakkan antara bos dan puli kipas

  11. Kalo Agan Gisix pake ban belakang brapa? Sy sih baca2 diforum ban belakang yg pas 110/90 yg michelin. Abis yg 100/90 kagak ada sih.Kalo pake flying roller yg 16 gr msh blom ngefek ya gan?Bedannya flying roller sama Dr Pulley apa ya gan?tq

    • Kalo saya masih pake standart. Kalo untuk performa lebih baik pake ban belakang 90/90 mesin tidak terlalu berat.
      Beda FR dan Dr Pulley bentuknya aja ttp fungsi sama aja yaitu agar drive puli lebih mengembang

  12. Keren Om, btw Bengkelnya dimane ? Utk Ahass seputaran Depok ada gak ? Ane mke WTF rakitan 2013. Thanks

      • Bagusan mana bro antara flying roller sama Sliding roller ?
        Btw, untuk flying roller bagusan pake apa ya ? klo sliding roller yang saya tau itu dari Dr. Pulley.

      • FR dan SR ada kelebihannya masing2 kalau FR mempunyai kelebihan dibagian material sayap yg fleksibel shg akselerasi lebih responsif.
        SR mempunyai kelebihan daya tahan thd gesekan rmh puli dan top speed

  13. Mas Bro Gisix,
    salam kenal ya..ane newbie bgt di matic.skr pk WTF 2013.MUngkin pertanyaannya agak menyimpang.sehubungan masih akan menikmati motor dgn kondisi standar tp ban mau ganti.
    Rencana depan pk 90/90 dr belakang dan belakang mu pake 100/80(tubeless).kira kira gimana..??
    kedepannya ane mau cicil langkah2 yang Mas Bro jelaskan diatas,,,yang pertama pasang 9 power dan ganti spring yang 1000 / 1200 rpm

    salam

  14. salam kenal gan,
    sya renga dri kawasan gunung bromo,probolinggo… sya brusan aja beli wtf, velg ane ganti merk power 14″, ban depan fdr ukuran 90/80 tubles, ban belakang fdr ukuran 110/80 tubles, adakah cara meningkatkan performa wty sya dg kondisi tinggal didaerah pegunungan tanpa mengurangi top speednya, kl bisa sih top speednya nambah,… heheheheheheheh… oh ya berat bdan ane juga diatas rata gan kurang lebih sih 85 kg.. tolong saranya ya gan……

    terimakasih sebelumnya gan, semoga sukses selalu…..

  15. boz, kebetulan saya br selesai rayen vario saya dan mau upgrade vario saya spt punya si boz nich
    bs minta kontak nya boz, no hp atau pin bb gt boz, krn posisi saya ada di kalimantan tengah boz
    email saya chanz.caem@yahoo.com
    saya tunggu ya boz kontaknya, krn minat bgt nich sama racun si boz tu
    trims

      • owh kmrn kn aq abs gnti per CVT 1000rpm vario n roller 14gr tpi putaran bwahnya qo ttep lelet ya???trus pda CVT nya da suara “klek,klek,klek” gtu wktu dpake bwt jalan,,,,pa tu pngaruh dri per nya atw dri rollernya bro???mohon infonya mklum msh nubiii hehehe

  16. owh gtu ya,gni bro kmrn kn aq abs gnti roller 14 ma per cvt 1000rmp pny vario bkn pny beat tpi abs tu qo kdengeran suara *klek,klek,klek* pda CVT nya wktu pas dpake bwt jaln kira tu npa ya bro?mhon infox bro gisix

  17. maaf bro mo tnya lg ni da yg ktinggalan hehehe,,dimensi ukuran roller aftermarket antra vario 110 ma vario 125 beda ya bro?

  18. Roller standartnya wtf brp bro..?

    Rencana mau ganti per PCX, bagusnya ganti roller yang brp?
    supaya tarikan bawah tidak lelet (responsif) dan tarikan atas juga joss (kalo bisa sampai 120-an km).

    Oya, mesin masih standar semua hanya dipasangi cap_bank dan rencana mau pasang yg semacam 9power di kabel busi…..

  19. Salam Kenal Agan Gisix
    saya mau share dan bertanya. motor ane Vartec 125. saya berniat ganti Velg Chemco lebar depan 2.15 dan belakang 2.50, dibalut ban 90-80/110-80.
    saya berpikir pasti untuk performa harus di upgrade, tapi saya tidak ada niat untuk bore-up.
    kemungkinan saya akan mengganti piranti seperti :
    1. AIR INTAKE HONDA AB(AIR BLADE) BUILD UP THAILAND.
    2. V-BELT HONDA PCX 125 BUILD UP THAILAND (23100-KWN-901)
    3. Per CVT HONDA PCX 125 Ahas
    4. 9POWER
    5. Busi Iridium CR8EIX
    4. Flying Roller ……….gram?

    saya mohon pencerahan untuk flying roller yg akan saya gunakan agar accelerasi OK dan top speed masi dapat 120 kbps, kira2 perlu memakai yg berapa gram?
    apakah ada yg erlu di set-up ulang untuk klep?
    maap merepotkan karena saya menganut style dan performa.

    Mohon Kritikan Agan-agan.
    Terimakasih

    • Kalo spek spt itu sangat sulit utk mencapai 120kpj… krn ban terlalu besar sedangkan mesin msh std.
      Kalo pun pake fr yg 14gr maks speed bisa 110kpj (pake spek spt yg anda sebutkan)

      • 14gr patut dicoba..ane coba dulu gan, tar ane bisik-bisik lagi kalo sdah penelitian.

  20. Kang gisix,kaLo wtf ane cmn ganti roLler skywave 14 gr,per CVT’ny ori gmn kang???thx sebeLum’e,,,,”

  21. salam kenal gan gisix.
    racunnya mak nyussss poll…ane tertarik bgt sama infonya
    ane mau tanyak, maaf gan gisix ane masih newbie bgt, ane punya vartech 125 masih standart-dat…
    rencana mau ane ganti
    1. Rumah Roler SPS +15gr Roler punya suzuki skyWave (Original part Suzuki)
    2. Per CVT PCX 150cc
    3. Ban Depan & belakang ganti Ring 17 (Ban+Pelg)
    4. 9POWER

    secara yg ane tau…Per CVT PCX memiliki ukuran lebih PANJANG dan KAKU, sehingga bikin putaran bawah dan atas maksimal..jadi seimbang motor enak di ajak STOP and GO..

    btw Per CVT PCX brp RPM ya gan gisix?

    menurut agan gisix gmn? mohon pencerahannya

    sebelumnya terimakasih banyak gan gisix

  22. kalo mau ngoplos roller lbh baik roller yg uk brp ya? soalnya saya pakai yg 16gr skywave per cvt beat yang 1000rpm 9power 2 busi iridium, cuman mentok 108kpj, uk ban 90/80 100/80… nah kalo saran mas gisix mnding gnti apa aja nih biar bisa makin tinggi top sped nya

  23. matur sembah nuwun atas pencerahannya gan gisix …

    *kalau pakek roller 12/13gr top speed bs nambah apa tetep ya gan? vartech mau ane buat kecepatan antara 120-130kmj, saran recomended gan gisix baiknya pakek roller merk apa? soalnya 1 minggu sekali ane sering PP Sby-Malang, kalau jalan minimal 100km dan mentok 110kmj (pakek Pertamax Plus)

  24. mas Gisik,

    suroboyone mana mas? bisakah maen2 melipir ke rumah? pengen minta wejangan Upgrade nya mantab ini.

    sy dr Arudam MAs\ besok ada weaktu kah>?

  25. Kang, mohon pencerahannya vario saya tahun 2013 bulan mei, sekarang vario saya kalo pagi berbunyi di sekitar cvt, terus bergetar nya gk mau hilang, saya disuruh mengganti busi iridium sama mekanik ahass, ternyata hasilnya sama saja, yang saya tanyakan jika ganti per cvt beat apakah getarnya akan hilang ? Terima kasih byk kang

  26. salam kenal agan gisix dan para suhu di mari.

    sorry ane baru sempet ngasi review.
    sebelumnya ane pernah mampir kemaari cuma belom sempet ngasi komen karena blm nyoba sendiri.

    review dikit gan :
    beberapa ubahan ane ikutin rekomendasi agan.
    tp untuk roller berhubung susah bgt cari flying roller di tangsel. ane jatohin pilihan ke roller kawahara 11gr .
    ane pilih bobot lebih ringan 1gr dari rekomendasi agan buat ngatasin ban yg diperlebar ukurannya.
    untuk filter udara ane custom pake busa vega R lama, alasannya si biar lebih enak dan bisa dicuci hehehe.
    buat selang penghubung dari filter ke injektor ane ganti pake selang mobil gan. diameter lebih besar sedikit .
    nine power ane pake TDK karena lebih gampang masangnya tinggal klip aja gaperlu buka kabel busi.
    busi ane ganti tipe iridium.
    knlpot ane bobok garing. buang katalis sama tang balik. tang balik ga diloss tp di perkecil lubangnya.
    suara jadi mirip sama revo klo lg idle.

    yg laen masi std gan.
    cuma ane masang resistor di o2 sensor ilmunya ane dapet dari blog
    http://mazped.com/2014/08/15/modal-rp500-tingkatkan-performa-vario-125/

    review performa :
    tarikan bawah ajib bgt gan. mungkin efek roller yg lebih ringan ditambah suplai udara yg lebih plong.
    topspeed ane dapet 100 kpj lebih. trek pendek kurang lebih 800m , masih bisa lebih lagi cuma ane ga berani lg betot gasnya.
    hehehe

    thx to agan gisix.
    supper recomended upgrade tips.

  27. Mas gisix, mau tanya?bedanya di ganjel ring 0,5 dg 1mm apa? Ya mas. Semua standar semua. Trm kasih.

Leave a Reply

