28 comments on “OPTIMALISASI BUSI STANDAR (Side Gap Spark Plug)

  1. Mas Bro Gisix, busi standar punya WTF yang sekarang kan katanya untuk CS-1 jadi ada penggantian gratis dr AHASS shg tidak terjadi ngempos saat start awal.
    yang jadi pertanyaan apakan yg dipotong itu busi awal atau busi baru pengganti CPR9 kl ga salah…
    salam

  2. mas Bro,
    sharing saja..
    setelah diganti busi dengan CPR9 pemberian dr AHASS ternyata hanya bertahan bbrp hari aja..udh itu ngempos lagi (BBM pertamax)…saya masih mau cek lagi apakah kualitas bunsinya yg jelek atau bagaimna..kedepannya mungkin ada masukan kira kira WTF kl pk NGK pk code yang mana..??
    untuk teknik side ini saya sudah coba memang sangat terasa…

    salam

    • Thanks bro atas sharingnya. Kalo bensin pake pertamax ane sarankan pake CPR7 atau CPR8 trs elektrode ground dipotong sekalian koill ganti after market (misal protec) ini sudah dpt mengurangi gejala ngepos saat mesin msh dingin

      • Oke MAs Bro…
        tar ane liat sikonnya..soalnya motor ini dipake buat org rumah saja..cm ya gitu WTF baru bukannya bisa dioptimalkan yg ada malah “penyakitan”..
        sementara ane mu optimalkan dengan perubahan minor dulu..antara busi dan FIlter..mungkin jg perlu di set ulang ECU-nya.
        baru nanti optimalkan yg lain…kl mesin dan busi udh panas sih motor enak bgt kl narik meskipun ban blk udh diganti..

        salam

  3. Mas Gisix, lebih bagus mana Performance-nya antara Busi yang sudah dipotong Elektroda ini dengan Busi Iridium…? Tks before

  4. efek jangka panjangnya gmn gan ? ane dah terapkan cara ini di WTF ane. klu mesin nyala langsung jalan emang agak nahan sebentar .

  5. Tks… gan tipsnya, WTF ane jadi tambah jos no ngempos. smoga penyakitnya ga balik lagi. tambah ngacir WTF ane mantafff….

  6. Wah saya kudet neh… Baru posting sekarang.. Namun ampuh skali om gisix, salam dari urang bandung, sy mau browsing lagi isi blog nya ya om…

  7. ane dah coba di vario 125 ane gan, emang lebih responsive tarikannya. pamakaian 5000km-an kodisi busi hitam dan elekrodanya seperti meleleh agak miring. klu konsisi demikian knp gan ? atau sudah waktunya ganti busi ya ! ane pke koil standar+ferit.

Leave a Reply

