76 comments on “MASALAH NYENDAT-NYENDAT VARIO 125 PGM-FI

  1. apa maksud dari “motor jangan terlalu lama dalam kondisi idle/stasioner” ?. apakah maksudnya motor dalam kondisi dipasang standar tengah dan dinyalakan mesinnya (sedang dipanaskan) ?

    • Yup… betul sekali karena kandungan HC (bensin yg tdk terbakar) sangat tinggi pada kondisi ini sehingga kemungkinan terjadinya kerak sangat besar.. trim and salam kenal dari ane

      • waah..ngga boleh sering2 sering dipanaskan dong ya kalau motornya ngga lagi dipakai. saya kebiasaan tiap pagi manasin (kondisi standar tengah)..kadang roda belakang di kunci (parking brake lock) , kadang dibiarkan berputar. ohya .. ada saran busi ?,antara platinum dan iridium untuk vari 125 ku ?. tks.salam kenal juga.

      • Motor perlu juga dipanasin tetapi gpl (gak pake lama)…. 2-3 mnt trs langsung pake aja. Untuk busi iridium logamnya lebih tahan panas dr pada platinum, ttp yg penting bensin pake ron92 /95 kalo pake premium sebagus apapun busi sama2 cepat mampus he…he…

  2. Salam kenal. Apiek tenan infone. Matur suwun maz… Pengin ganti bbm RON 92 tapi daerahku masih langka. Pie jal.. Ada tapi harus nempuh jarak yang cukup jauh. Terus klo bbm tak sesuai spesifikasi mesin pie? Tapi kata AHM masih aman! Ne pake bbm non subsidi siap2 kantong jebol. hehehe

    • Wah kepriben kiye yen ora ana bensin ron92?? Coba bae dijajal dicampur aditif bensin sing ana ning pasaran. Tapi inyong ora rekomendasi lan rika ati2 aja salah pilih, soale injector dan pompa bensin suwe2 rusak… coba bae nyuwun tulung GOGGLE ketik “Orca Power Maker” iki aditif kanggo premiun spy bensine pembakaran sempurna. Salam kenal saking inyong ya

    • Salam kenal mas bambang…
      Untuk saat ini memang masih belum ada pembuktian yang pasti mengenai busi yang cocok untuk motor ini bila menggunakan bensin premium. Kebetulan motor ane menggunakan bensin ron 92 dan busi NGK Iridium CR8EIX belum ada masalah sampai pemakaian selama 8000+ km. Apabila masih menggunakan premium coba aja busi dengan grade yang lebih dingin (lihat bagian akhir tulisan) atau cari busi Iridium Denso IU27 / NGK CR9EIX. Tetapi busi tersebut masih belum ada yang membuktikan ketahanannya bila digunakan pada Vario 125

  3. Aku juga pnya vario pgmfi nyendat2 juga.
    Pernah aku pakein pertamax plus, hasilnya tiap kali menghidupkan mesin gak bisa langsung tarik gas, seperti masuk angin. Aku harus nunggu dipanasin sekitar 1 menit baru bisa tarik gas dan atrikannya oke. Gmna tuh mas bro???

    • Ngepos pada start awal saya alami juga. Namun menurut pengamatan kemungkinan karena suhu ideal pembakaran yang belum terpenuhi sehingga akan mempengaruhi performa ketika kondisi dingin. Ada juga pengaruh lainnya adalah :
      1. Suplai bahan bakar sistim Injeksi Vario tidak bisa dibuat lebih kaya bila kondisi mesin masih dingin (motor konvensional biasa pakai Cuk untuk memperkaya campuran bahan bakar).
      2. Oksigen sensor belum pada suhu kerjanya (250 celcius). Sensor ini tugasnya untuk mendeteksi kaya atau miskin campuran udara-bensin. Sensor ini akan mengeluarkan sinyal listrik apabila suhunya sudah panas. Sebaliknya bila kondisi dingin, sensor ini tidak menghasilkan sinyal listrik shg sensor tdk bisa mengirim sinyal ke ECU, apakah hasil pembakaran terlalu kaya atau miskin shg akan ngepos pada kondisi mesin dingin

  4. mantap mas infonya, saya juga pemakai vario pgmfi 125, belinya mei 2012 sampe sekarang di Nopember saya udah 2 kali ganti busi ( tidak termasuk bawaan). bbm juga sering saya campur bensin dan pertamax sesuai rekomendasi mekanik ahass nya sendiri, karena kalo murni pertamax ampyunn ah.. , mudah2an ahass segera punya solusi yang terbaik, salam kenal

    • WTF ane jg aga lemas nih dari baru pake premium hingga pengisian bensin ke-3.. trus yg ke-4 nya ane coba pake oplosan pertamax plus + premium @ ±1 liter = 15 ribu.. Baru kerasa lancar dan narik nih motor.
      Menurut agan oplos2an kayak diatas sah gak?
      Thx.. salam kenal ya.. 😉

  5. kalau idle sationer vartech 125 udh pernah distel apa injeksinya harus distel ulang lg….kmaren gua ke ahass mau nyervis motor gua yg ngadat2. pas orang ahass lihat idle stationer udh pernah distel katanya harus distel/reset ulang injeksinya dan ngadat itu karena injeksinya ga pas?

    • Stationernya ga boleh sembarangan di ubah harus 1700 rpm +- 100.kl bisa ngukurnya pake Hids HD 30/ bawa ke ahas terdekat,jangan lupa busi diganti + minumnya pertamak Plus

  6. Hi Bikers,
    Artikel yang bagus, memberi solusi bukan hanya mengeluh.
    Ijin copas Link ya mas Bro. buat pencerahan blog sebelah.

    Wasalam

  7. Salam Kenal Gan… Sebelumnya mohon maaf nih Bro Gisix mau urun rembug, nih hasil dari pengalaman ane sendiri. WTF ane bulan 10 – Tahun 2012. Sejak baru gak pernah ane manjain minum Pertamax, ane minumin Premium doang, hehe.. Pas KM 700, WTF ane udah ndut2an, ane ke AHASS ganti busi Beat, KM 2000 ndut2an lg, akhirnya ke AHASS lg buat ganti busi yang khusus Vario 125 (Program Gratis). Di KM 3000 ndut2an lagi, ane ke Ahass lagi nemuin Kepala Mekanik temen ane, ane waktu itu bilang, gimana caranya WTF ane tetep minum premium tp gejala ndut2an hilang, disitulah ane dapet jawaban kalo permasalahan utamanya adalah di Pengapian, Busi itu bukan penyebab tapi korban. WTF ane pun digarap, Sudut pengapian WTF dimajuin (dari 15 derajat ke 12 derajat ato dari 12 derajat ke 15 derajat ane lupa gan), mumpung bongkar radiator, ane ganti sekalian kipasnya pake punya Vario 110, mekanik gak nyentuh busi yg ndut2an itu sama sekali. Setelah dicoba, WTF ane gak ndut2an, berarti sejak KM 2000 ampe sekarang KM 4000 businya gak ganti, masih tetep pake Busi khusus Vario 125. Mudah2an sih tetep aman… 😀

  8. ribet amad ahas ganti aje ecu-coil-dan businya honda pcx selesai masalahnya…
    cuman BERANI GA? ahassnya ..karna ecu buat vario 125 itu duplicate dari honda pcx…
    trus jadi maen akal akalan gtu pabriknya segala bahan bakar cuman oktan x mas bro.,, motor ga boleh di panasin kelamaan ,. .,busi ,.DLL..bnyak bner alesannya
    gagal mah gagal aje x

  9. saya jga pngguna vartec 125
    nopol K 4567 TZ
    no mesin JFB1E-1050915
    no rangka MH1JFB111CK050639
    pembelian Maret 2012 bbm pertamax ron 92, busi ngk platinum CPR8EAGP-9,
    dri pmbelian sampai skarang 8000km,ada suara ngorok tpi prosentasenya kecil skali,smpai2 beres aja heran ni vario kog alus bnget,busi sampai skrang blum ganti,gjala ndut2an tdk ada gan,cma kalo pagi emng btuh 1-2 mnit manasinya..
    Bulan april 2012 seting klep in 0.10 ex 022, (karena terlalu irit mnurut saya) slang pmbuang panas yg msuk ke box filter di cabut, untuk d vario 110 slang hwa panas msuk ke ruang bkar sbelum filter,klo d vario 125 sesudah filter jdi asumsi saya kadng uap oli bsa masuk k ruang bkar lgi..trnyata malah enak tarikanya,msin lbih adem..roller substitusi suzuki skydrive 15gr.per cvt 1200rpm..
    sampai skrang enjoy gan gak ada msalah…saya bkan fbh ato apapun saya hnya konsumen..salam one heart broo..

    • persis punyaku bro,2012-10 5000km blum pernah ganti busi,bbm subsidi doang,mau ganti busi gratis tapi ditolak,katanya spec udah diganti sama ahm.z wes,lgian masih ngacir.seminggu sekali tuban-malang via jombang,pas tanjakan agak boyo maklum setting altitude msih standart cz aku domisili tuban yang belakang rumahku udah laut hehehe…

  10. tinggal nrapin tips yg dri bro gisix,ganti karet saluran udara, lpas catalitic conventer.nunggu waktu lbur dlu bro,untuk screen filter udah tak lepas,emng mak nyusss tenan tarikane…

  11. Biar diganti model busi apa aja n gak boleh minum premium itu bukan solusi bro,yang jelas di motor ini yang salah adalah ecm nya,,,,

  12. Walah!!! Mungkin saya aja yang beruntung ya?!
    Vario 125 saya beli bulan Oktober 2012 (nopol B 3222 SHE), sekarang odometer sudah menunjukkan angka 5182. Sampai saat ini saya tidak pernah mengalami masalah-masalah yang disebut-sebut terdapat pada vario 125.
    Sudah pasti vario125 bukanlah produk yang sempurna; saya nggak suka sama mutu material bodi dan jok yang sering terbuka sendiri. Masalah jok sudah saya atasi dengan memotong batang plastik yang ada pada cantolan jok.
    Performa engine buat saya cukup memuaskan; no ngorok, no ndut-ndutan, no power loss, no masalah busi. Top speed?! 110 pasti dapatlah (emang mau ngapain dengan kecepatan segitu di Jakarta?).
    Oh iya, tidak ada modifikasi saya lakukan pada motor saya selain mengganti spion dan ban tubeless. BBM pakai Super Extra, Oli mesin Enduro Matic, busi masih bawaan pabrik, kalau pagi motor selalu dipanasin lebih kurang 5 menit.
    Buat AHM, kalo memang ada masalah pada beberapa unit vario 125 agar sudi memberikan solusi buat konsumen anda.

    Salam Bikers!!!!!

  13. Salam knal dr ku mas..
    Mau nanya ni aku kan mekanik ahass jaringan hayati padang kami mmpunyai bnyak sekali konsumen yg mmkai SMH VARIO TECHNO/ CBS 125 PGM-FI.. mereka mngeluhkan SMHnya pda kcepatan 20-40 km/jam sering ndut2an atau brebet dan g’ bsa lari dg kcepatan pnuh dan itu hmpir pd stiap pngguna vario PGM.. Kami lkukan pnggantian busi bahkan mnggantinya dg busi yg dkhusukan buat vario yg CPR9E-A9 Tp hnya tahan 2 atau 3rbu kiloan dah ndut2an lg. Sbnarnya yg salah businya atau pngapiannya.. Kami sudah susah menangani keluhan konsumen blum lgi ocehannya msak bru gnti busi gnti lg ktanya..
    Tlong pnjelasan dan solusinya..
    Trim’s. Salam satu hati.

    • Salam satu hati dan salam kenal dr saya.
      Sebenarnya motor ini diperuntukkan utk menggunakan bensin dgn kadar ron92 / 95 krn berkompresi tinggi namun kurang cocok utk bensin premium, bahkan dgn menggunakan busi yg anda sebutkan diatas. Namun bila anda memaksa menggunakan bensin premiun, anda bisa mencoba dgn :
      1. Memperbesar pengapian, ganti coil after market misal : Protec
      2. Busi pake tipe Iridium (busi ini tahan panas.
      3. Katalitik Konverter knalpot harus dibobok (dihilangkan)
      Dari pengalaman rekan2 saya yg sudah mengganti part diatas, bisa memperpanjang umur busi dan performa akan meninggkat. Bahkan pernah dicoba dgn menggunakan busi karisma bisa bertahan sampai 6000km.
      Saran saya : agar lebih aman pake pertamax aja krn bensin ini menghasilkan pembakaran yg lebih sempurna dan tidak menimbulkan kerak diruang bakan dan O2 sensor.
      Semoga membantu.

  14. Satu Hati untuk semua…Salam Kenal dari bekasi untuk pengguna vartec.
    Alhamdulillah permasalahan yang ada mudah2an ane gak ngerasain.
    Ane punya vartec sejak juni 2012 dan skarang dah 23 rb an kilo lebih, masalah busi ane baru sekali ganti pada bulan maret kamrin (21 rb kiloan lebih) itupun atas saran mekanik yang kaget klo ane blum pernah ganti busi alasan ane yaaa karena ane gak’ tau dan gak’ ada masalah cuman masalah yang selalu ane tanyain ke mekanik tentang suara ngorok…oh iya ane ada masalah juga ternyata…kenapa ya lampu depan ane sering banget putus (lampu dekat) klo lampu jauhnya masih ok…ane dah ganti bohlamnya 4 kali…mohon solusinya ya gan…

    Sekedar info :
    1. Dari awal pemakaian hingga 23 rban km lebih ane pakai pertamax (non plus) cuman 3 or 4 kali aja pake premium ( duit pas .com ) setiap isi 35 – 40 rb, hari ketiga isi lagi (rute tambun – pluit via klapa gading ngedrop bini ane).
    2. Penggantian oli sesuai buku petunjuk servis gratis trus lanjut dengan ganti oli tiap 2000 km lebih dikit…( setiap 3 kali ganti oli mesin 1 kali ganti oli transmisi )
    ini pengalaman ane make vario pgm fI semoga bermanfaat buat agan skalian…

    Salam Satu Hati…

    • Perkenalkan saya juga baru beli Vario Techno 125 25 Juni 2013. nice infonya.
      Pertanyaan saya : Pertama kali pake isi premium apakah nggak apa2. atau kah harus dikeluarkan lagi dan ganti dengan pertamax?

      terima kasih, salam satu hati

  15. Saya pengguna vario 125 pgm fi cbs bulan 9 2012. Dari awal beli selalu pakai pertamax. Awal masalah 2 minggu setelah servis pertama dgn muncul gejala ngempos. D bawa k bengkel dan solusi yg d tawarkan claim ganti busi cpr9ea-9. Masalah muncul lagi setelah beberapa hari dgn gejala ngempos dan nyendak d kecepatan 0-10kpj. Balik k bengkel coba ganti busi panas u20 tp ga brtahan lama, gejala balik lg. Coba pakai iridium iu24, gejala ngempos hilang tp nyendat masih ada. Apa yg salah d wtf saya? Mohon solusinya bro.

    • Gejala nyendat biasa terjadi kalo mesin dingin krn mesin belum pd suhu kerjanya begitu pula suhu busi akibat dari tingginya kompresi motor. Dgn demikian mtr hrs dipanasin dulu.
      Lain lg bila mesin udah panas namun gejala nyendat msh ada. … Kemungkinannya :
      1. Kebocoran listrik di area kabel coil (misal cop busi kendor, kabel busi nyentuh body mtr dll)
      2. Problem sinyal Throttle Body ke ecu. Hal ini bisa dilihat aliran voltase ke ecu dgn menggunakan alat HiDS. Dgn alat ini bs diketahui terjadinya penyimpangan pd Throttle Body

      • kalau businya menggunakan yang lebih dingin IU27, efeknya apa ya gan? karena kalau aku baca di web honda Vario 125 ISS mengunakan busi dingin ND U27EPR-9, NGK CPR9EA-9. mohon advice nya gan.

  16. Salam kenal
    Saya pengguna Vartec 125 Dari Tanjung Priok
    Yg mau ane tanyain, apakah aman kalo kita mengganti coil bawaan dengan coil selain bawaan.
    klo emang aman buat Vartec ane, Merk Coil Apa yg bagus yg ada di pasaran.
    Thx.

  17. salam kenal..
    ane juga pengguna vartech 125 keluaran bln 10-2012 di bogor. barusan abis konsultasi ke ahass minta klaim busi karena motor kayak yg loncat pas dari stop-10kph, tapi kata mekaniknya, motor ane udah ga trmasuk dapet klaim busi.. alhasil, akang mekaniknya cuma bersihin cvt and probem solved..!!
    masalahnya saya jadi bingung, motor loncat2 ini dari mesin atau cvt nya ya??
    mohon pencerahan mas..

    • Kemungkinan loncat adlh : sepatu kopling dan outer clutch terlalu kotor sehingga pd start awal kampas tdk dlm kondisi selip (kondisi 1/2 kopling) ttp lgsng menggigit outer clutch shg mtr akan loncat

  18. saya jd kawatir ,saya sudah beli vario 125 ,,, yg mau saya tanyakan ,, apakah pihak ahm tau mslh ini , trus kalau tau kenapa masih produksi , banyak skli keluhan nya
    kalau mau ganti oli ,oli yang pas itu apa yah ,,buat matic ,,

  19. Salam Kenal gan..ane punya vario, di beli baru 4 bln tepatnya 29-06-2013, tiap hari selain sabtu dan minggu pp stasiun citayam – prapanca, menggunakan BBM premium ga ada masalah tu..km sudah 8000 km…cuman vario 125 cepet lecet di bodi…

  20. Gan, wtf ku mau ganti iridium iu24, filter udara ferrox dan selang udara punya pcx/honda air blade. Kira kira ada efek negatifnya ga di performa motor? Mohon arahannya gan.
    Thx

      • kalau tambah penggantian per sentri honda zoomer dan per cvt pcx, efek ke motor apa ya gan? maklum gan ane ga ngerti, dari pada sudah terbeli tapi efeknya tidak terlalu berasa kan mubazir…

  21. salam kenal mas, saya baru aja ganti busi vario 125 iss bulan 10-2013 yang cpr9ea-9 dengan cpr6eagp-9, kira-kira bermasalah ga yah kedepannya?? bbm saya biasa pakai pertamax biru. oya, motor saya ngalamin juga masalah ngorok yg katanya udah hilang pada vario iss dan ngempos pada rpm awal ketika awal jalan. mohon jawabannya. trims.

  22. jadi…….matic yang bagus dan sempurna itu apa…?????? pastinya setiap merk dan type…ada keunggulan dan kelemahannya……Nah sekarang tinggal agan-agan mempertimbangkannya sendiri sebelum memilih merk dan type matic yang akan disunting. Sejauh mana bisa ‘memaafkan, memaklumi, dan menerima’ kelemahannya itu…….eikeu pake WTF –sebelumnya Spacy , berumur sekira empat bulanan. Selalu mematuhi buku manual, pake oli SPX2 dan ganti oli sesering mungkin dengan pertimbangan, lebih cepat lebih baik –gak sampai nunggu batas maksimal, pake PERTAMAX’92, dan sudah ganti olie gardan atas inisiatif sendiri meskipun belum waktunya….gejala ngempos tarikan awal memang ada…tapi ya itu tadi, karena sudah menyadari kelemahannya….yaaaa eikeu sih enjoy-enjoy saja…..Justeru kelemahan yang paling urgen menurut eikeu sih soal ground clearance yang terlalu pendek…soalnya sering mentok-mentok kalau ketemu polisi molor dan material bodi yang keliatan sangat rapuh dan mudah ‘belel’ alias warnanya mudah luntur…..hatur nuhun.

  23. misi gan , sy cewe nih ga ngerti motor . biar awet perawatan vartec 125 gmn ya ?
    ganti oli setiap brp km gan ?
    trs bersihin saluran udara itu jadwalnya gmn ya ? 😀
    trs itu radiator apa yg mesti di ganti ?
    itu cairan pendingin ganti setiap brp bulan ya gan ?
    aduh maaf buta bgt soal matic . biar awet n ga cepet rusak aja gan . tolong bantuannya , pake bgt . trimssssss

    • Itu ciri vario125…. karena ketika msn masih dingin maka bensin yg msk keruang bakar akan sedikit tekondensasi ketika langkah kompresi shg mengkibatkan pembakaran yg tdk sempurna jadi akan timbul ngepos…

  24. salam kenal, motor vartec 125 PGM FI, beli jan 2013, masalah ada 2: ndut2an muncul kalo dr kondisi mati lalu diidupin kemudian lsg dicoba ngebut. tapi klo dijalanin pelan dulu, baru bisa ngebut. mulai 2014 sampe sekarang sdh 4 x bohlam lampu deket putus. sblnya saya pake pertamax plus, 3 bulan ini sdh ganti shell v power. kira2 ada efek sampingnya tdk? terima kasih.

    • Ini efek dr besarnya kompresi diruang bakar sehingga ketika mesin masih dingin maka bensin yg disemprotkan akan sedikit terkondensasi shg molekul oksigen tidak bisa tercampur dgn baik dengan molekel bahan bakar dgn demikian bensin akan sulit terbakar maka timbul gejala ngepos ketika dingin.
      Solusi : besarkan pengapian dgn menggunakan coil after market atau coil booster kemudian busi dimodif side gap.
      Kalo bohlam sering putus coba cek dudukan yg menekan bohlam kemungkinan agak kocak. Ttp sampai saat ini penyebap pasti masih blm diketahui.

    • 1. Ganti bensin dgn ron92 atau dioplos.
      2. Stasioner agak dibesarkan.
      3. Bila menggunakan bensin ron89 stelan klep agak direnggangkan.
      4. Pake busi side gap/iridium
      5. Besarkan pengapian dgn coil after market atau coil booster.
      6. Bersihkan Throttle Body kemungkinan saluran idle agak buntu.

  25. bro… motor vartech 125 ane pas awal baru saya isi premium. baru 1 minggu kemudian kok motor ane grett grett atau nyendat2 ya. trs saya isi pertamax sampe skrang masih aja nyendat2. gimana nih solusinya.

  26. Untuk masalah sendat di Vario 125 tahun 2015 saya temui juga di Vario saya, khususnya di RPM bawah, ada sedikit jeda dimana seperti bahan bakar yang telat naik. Dari sekian banyak percobaan, justru di Vario saya temui ada semacam tidak sinkron antara posisi TPS dengan bukaan gas, kronologisnya seperti ini :

    a. begitu trotle saya buka sedikit saja (tidak tau berapa derajat, yang jelas sangat sedikit) saya temui putaran mesin turun seperti mesin mau mati. Dalam beberapa kasus malah mati mesinnya.
    b. untuk pertama kali saya tidak percaya begitu saja, soalnya inikan setingan dari pabrik, masak untuk setingan seperti TPS tidak sinkron, hal diperkuat ada semacam tanda spidol yang tidak hilang – hilang dari baru, melintasi baut setelan tumpuan trotle dengan bodi trotel.
    c. akhirnya setelah beberapa kali mengalami kejadian brebet di RPM bawah, mulai dari ganti busi, pakai TCI Booster, sampai upgrade saringan udara, pakai BBM bagus hal tersebut tetap terjadi, walaupun secara bertahap kejadian tersebut terus berkurang, namun saya tidak puas dan akhirnya tetap mencari solusi sendiri dengan percobaan kecil.
    d. Mulailah percobaan selanjut dengan memfokuskan kenapa trotel dibuka sedikit putaran mesin langsung turun, oke akhirnya untuk mempercepat penyelesaian masalah, saya fokuskan di masalah tersebut, dan dari hasil analisis sendiri, saya berkesimpulan ada masalah dengan posisi trotel yang ada di intake manifold.
    e. Akhirnya saya memberanikan diri untuk merubah posisi trotel, yaitu dengan cara melewatkan sekian derajat dari saat mesin brebet, namun hal tersebut tidak berjalan mulus, sesaat cara tersebut dilakukan, mesin berteriak tanda putaran naik, padahal pada saat itu posisi trotel dalam keadaan brebet, ada indikasi ecu membaca mesin kekurangan bahan bakar, dan pada saat itu juga memberikan asupan lebih, sehingga mesin berteriak.
    f. Singkat kata, setelah serangkaian analisis dan trial error pada satu masalah itu, saya mulai berpikir pada saat mesin berteriak, akan langsung saya sesuaikan setelah idle up (kebetulan masih manual).
    g. Pada saat pelaksanaan, mesin berteriak lagi dan segera saya sesuaikan setelan idle up dengan mengecilkannya, dan hei, its work, mesin berputar sangat stabil, saya coba untuk putar trotel pelan pelan, tidak ada lagi gejala brebet seperti yang saya alami pada saat trotel saya putar sedikit (asumsi jika terjadi pada saat jalan motor akan kehilangan tenaga)
    h. Ada hal unik pada saat saya mencoba untuk tes pergi ke kantor, saya coba motor dan gejala kehilangan tenaga masih tetap ada walaupun dengan waktu yang jauh berkurang karena menurut asumsi saya, saya telah menyetel posisi trotel melewati batas brebet tersebut (asumsi saya bahwa justru pada saat itulah posisi trotel menutup dan hanya mengandalkan asupan udara dan bahan bakar dari idle up, sedangkan setelah idle up disetel pada saat posisi trotel sedikit membuka)
    i. Saya mulai berpikir untuk terus mencobanya dengan harapan ecu bisa menyesuaikan dengan setelah TPS yang baru in, dan memang hal itu seolah terjadi, setelah sekian menit seolah ecu memang menyesuaikan kembali takaran bahan bakar dan udara yang pas, mesin jadi bekerja normal dan tidak ada lagi gejalan brebet kecuali pada saat motor masih dalam keadaan sangat dingin karena baru dihidupkan.

    Sekian sharing dari saya, mohon untuk dicatat bahwa hal tersebut terjadi pada motor saya yang belum tentu sama dengan motor anda.

    Terimakasih

      • Kenapa saya pake busi iridium iu27a yg sudah sidegap malah ngempos, pake tdr 085 yg platinum juga, tapi pake busi ngk cpr9ea-9 malah normal, kondisi koil tiger revo, makasih mas

  27. Aku jga pengguna vartec perakitan 14 ngadat mtr gau parah gan,dulu pernah dibawa ke ahas disuruh pake pertamak tpi masih ngadat jga gan gak gua pake lagi t pertamak,direset injeksi udah diahas nya,ganti busi jga udah,,,ngadat nya tiba2 gan,,ampe kesel ama ni mtr,,mhon solusinya gan,,

  28. Motor vario saya nyendat” padahal udah ganti busi, saudara ada yang tau alasan lain knp nyendat soalnya sudah saya bawa ke AHASS dan saya beri tahu keluhan saya. Tapi sama aja nyendat juga. Beri saran suadara.

Leave a reply to gisix Cancel reply