Upgrade performa Vario 125 PGM FI ini adalah pengembangan dari upgrade sebelumnya – stage 1 (Tanpa BoreUp). Mesin tetap standart 125cc hanya dilakukan upgrade di sektor CVT, Pengapian dan Optimalisasi Saluran Udara
Untuk performa stage 1 monggo lihat link
Upgrade Stage 1
.
Adapun penambahan part pada upgrade di stage 2 :
1. Rumah Roler SPS +14gr Roler; Karakter dari kombinasi Puli SPS dan Roler tersebut diharapkan motor enak untuk stop and go namun putaran atas tidak dikorbankan. Lihat perbedaan puli SPS dan Standar klik disini
2. Andrion module 2 power + YZ coil + ground strap; Dengan upgrade disektor pengapian diharapkan mampu menghasilkan percikan api yang besar dan setabil sehingga diharapkan torque motor dapat terdongkrak maksimal.
3. G6 Throttle Body Air Intake System ver.2. Ini adalah penyempurnaan dari Air intake sebelumnya klik disini yaitu penambahan Velocity Stack yang berfungsi meningkatkan efisiensi volumetrik udara. Lebih lengkap klik disini
4. G6 Ram Air Intake. Berfungsi sebagai Induksi udara dikecepatan tinggi sehingga suplai udara tetap stabil. Alat ini meniru dari motor ber cc besar (moge).
Versi pnp klik disini
5. ORCA power maker fuel aditive. Satu lagi produk negeri sendiri…he..he…. Bahan bakar perlu juga diberi sentuhan sehingga performa pembakaran lebih sempurna.
6. Custom Air Filter menggunakan Supra X 125. Filter udara mengcustom filter dari supra 125 karena mempunyai area yang lebih luas dari filter standart.
Filter Supra 125 (72mm x 160mm= 11520 mm2). eh… ternyata permukaan lebih luas dari WTF (82mm x 130mm= 10660mm2)
7. Oksigen sensor piggyback. Alat kecil ini berfungsi memanipulasi listrik yang dihasilkan O2 sensor agar ratio oksigen : bensin jadi 12,5 : 1(standart 14,7 : 1). Namun sangat disayangkan alat ini tidak berfungsi ketika dilakukan pengujian dyno sehingga power motor tidak dapat ditinggkatkan lebih.
Power: 12,7 HP / 3708 RPM
Torsi. : 26,7 Nm / 3122 RPM
Dari grafik dyno dapat dikatakan motor ini power optimum (peak) pada 3000-4000 rpm atau motor ini sangat resposfif pada putaran rendah (cocok untuk stop and go). Namun tidak mengorbankan top speed (112,5kpj terbaca di mesin dyno dan 122 kpj terbaca di spedometer).
Hasil upgrade diatas ternyata setara dengan motor matic boreup 155cc full spec.
Sumber : Tabloid AUTOMOTIF edisi 40
Catatan :
1. Upgrade 13,8HP klik Disini
2. Upgrade 17Hp klik Disini
Ediiiiiiiiiaaaaaaannnn tenan…….jempol papat
Suwun bang nino…..itu masih bs naik lg seandainya O2 piggyback tidak ngadat…he..he…
Wah makin mantap aj nih….kpn ada wkt y biar WTF saya bisa juga seperti punya mas???? ….hehehehehe….
Ha…ha…motornya entar terbang nih…. sering2 kopdar bang….
salut buat masbro gisix,yg sdi trial d vario 125 nya…sippp..masbrooo…
Ok…trims
keren mas gisik,infonya manfaat banget
om gisix,.. jadi penasaran. semua partnya dapat darimana. nyarinya susah, tolong dishare juga.
om gisix, pesan saluran udaranya G6 di om, bisa nggak om? buatnya ribet om.
Bisa…. saya pm via email anda.
Ane juga pm-in dong gan
Harga G6 throttle body n ram air intake nya gan,,
Thx,,
Kalo throttle body gak punya bro… Untuk Ram Air Intake cuma utk riset aja, sebenarnya bisa buat sendiri dgn mudah
Maksud ane yg G6 throttle body air intake ver.2 gan,,
Heheheee
biayanya abis brp bos
Kira2 1.7jt
Yang upgrade kedua Ini Pakek Per Cvt ap Ya Om Gisik?
Per CVT ttp tidak diubah
Mantab.
Trus stelah dlakukan saran pak bos itu, Kalo ditambah ganti Per CVT aftermarket 1200rpm sama FR 12 + 14 gr pngaruh ny bgus ap gk?
Busi standart klo dganti dgn NGK CPR9EA-9 gmn hasil ny ?
Mksih mas gisix
Kalo kombinasi spt itu blm pernah coba nih….. monggo di trial yah
Itu semua total biayanya berapa bang bro?
Pak, boleh minta kontaknya entah nomor HP ato Pin BB
Penasaran bgt sama ubahan ini.
di tggu replynya di alvinkun14@gmail.com ya pak.
Terima kasih banyak, Great Blog!
kalau yg simpel aja bisa nga, soalnya d daerahku nga ada yg ky gitu
Asal dr kota mana nih?
Coba yg simpel aja dulu… buka link berikut :
1. Optimalkan busi standar : http://wp.me/p2HoaF-5E
2. Optimalisasi aliran udara masuk :
https://gisikuntung.wordpress.com/2012/11/15/filter-udara-vario-125-pgm-fi-agar-tidak-mudah-kotor/
Salam Kenal Mas bro,,,
Mohon info mas bro, untuk sparepart hunting dimana?
bisa dibantu ordernya, email ya mas bro
Salam Kenal Mas bro,,,
Mohon info untuk sparepartnya, bisa dibantu ya.
Minta contack person atau pin bb ya.
reply to yobyob.roby@gmail.com
permisi mau tanya om, bs pesan FR14g di om gisix? krn di angwin mtr cm ada yg 18g aja..mohon petunjuk om.maturnuwun
Bro boleh di pm harga + ongkir jakarta buat G6 ram intake dan G6 TB air intake system ver.2? Saya tertarik untuk punya hp gede 🙂 terima kasih
Gan daftar harga sparepartnya diatas kirim via email ane ​Ϋªª? Email ane…renggaeka@yahoo.com
Ane tunggu ​Ϋªª gan?
Trimakasih n sukses selalu
1) Untuk Pulley SPS kenapa tidak digunakan ukuran Roller yang 18 gram standardnya..? apakah
bisa, Pulley SPS itu menggunakan Flying Roller 18 Gram (FR Type)?
2) Untuk Andrion Modul kenapa gak beli sekalian yang 4 Power, gak beda jauh koq harganya.
3) Berapakah Ampere dari Koil YZ, apakah ngga sebaiknya gunakan Koil Andrion juga yg 5A? atau
Koil Protec High Performance? menurut Uji test Koil YZ paling lama proses pengapiannya…
4) Apakah Ground Strap berpengaruh juga…? karna sudah ada Koil dan Andrion Modul…?
Tks Before
1. Puli SPS lebih cocok pake Round Roller (RR) dr pd FR. Karena utk putaran bwh lebih responsif RR
2. Betul bro…tunggu dana THR dulu
3. Kalo ampere yg dihasilkan koil yz msh blm tau bro…. cuman yg saya tau dr forum yg mengkomparasi berbagai macam koil bhw koil yz mempunyai ukuran loncatan bunga api yg paling panjang. Ini menunjukkan ampere yg dihasilkan paling besar dan sangat cocok utk mesin berkompresi tinggi.
4. Pengaruh pd power mesin sedikit pengaruhnya (berdasar feeling). Cuma sbg pengaman bila terjadi distorsi yg dpt mengganggu kinerka ecu
gan tolong kirim harga part yang untuk di aupgrade ya gan………
Ane pm via email mas adji
G6 TB air intake system ver.2 belinya di man bro?
Hand made ane sendiri…bro
trus filternya itu supra 125 yan helm in fi atau supra 125 yang lama?
Supra 125 karbu
Bahan bahan buat bikin G6 TB air intake system apa aja bro n tutorial cara buatnya bikin dong
salama kenal mas bro,
Mas mau tanya nih, gimana klo yg diganti di pont no 1 nya aja (Rumah Roler SPS +14gr Roler) ?
trus busi V125 diganti dengan yang iridium. Apakah dapat meningkatkan performa dari skuter ane
Trims
Akselerasi jd oke. Topspeed naik dikit
Mau tanya mas bro,bengkelnya di daerah mana ya?trus biayanya brapa ya?
Kebetulan modif sendiri mas…
Biaya yg dikeluarkan kira2 hampir 2jt an
Mau tanya, saya ada koil yz, apa bisa langsung di pasang ke WTF saya? gmana pengaruh dan resikonya?
Coil YZ tdk bs langsung dipasang ke wtf krn lain type dgn coil bawaan wtf. Koil YZ mrpkan koil CDI sedangkan koil YZ mrpkan koil TCI. Agar koil YZ bs diaplikasikan ke wtf hrs menggunakan modul pengapian (Andrion IM8)
Mas gisix mau nanya nih, saya masih bingung masang koil yz125 ke andrion modulnya, soalnya kan pun koil di yz125 cuma 1.. secara andrion modulnya pin ke koilnya ada 2, mohon pencerahannya ya mas.. Terima kasih sebelumnya.
Coba cek kabel di andrion : ada 4 kabel
1. “Ground” kabel hitam : hubungkan ke massa body.
2. ” + P” kabel biru : hubungkan ke pulse dari ECU (kabel biru/kuning – kabel ini asalnya menuju coil standart).
3. “12V” kabel merah : hubungkan ke kabel Hitam/Putih – kabel ini jg asalnya menuju coil std.
4. “Coil” kabel kuning : hubungkan ke coil yz.
Berkat mas Gisix Finally akhirnya terpasang juga koil yz125>andrionnya.. terima kasih banget atas info detail dan pencerahannya mas ^^
Mas Gisik saya mau pesen G6 throttle body air intake system ver.2 bisa dibantu mas? Sy di Depok Jabar Mas, tolong di email ke sy ya mas biayanya ke email sy (blackmouse212@yahoo.com) berikut no hp mas gisik ya, tks ya mas…
Ane pm via email
sangar poko’e,..
jadi pengen di upgrade ni varioku,..tapi gk tau mesti di bawa kemana !
Mas, wtf ane msh stdr pengin upgrade bertahap. Pertama ganti busi iridium, ganti roller 14gr, ganti per cvt 2000rpm vario atau per 1500rpm beat. Bagaimana dgn kombinasi ini ? Jika pake roller 14gr lbh bgs mana per cvtnya apakah 2000rpm vario atau 1500rpm atau makah 1000rpm (semua aftermarket) ?
Kalo sy ganti pulley sets komplit seperti pake rumah roller sps, rollernya pake 14gr, kalo saran mas kan per nya 1000rpm beat, kenapa tidak pake per cvt yg 2000rpm ?
Boleh tau dimana sy bs dapatkan pulley sets sps untuk daerah Jkt ? Ada no telpnya ?
Makasih buat penjelasan & jawabannya kangmas ….
Pemakaian per yg1000,1500 & 2000 itu tergantung selera pengendara. Bila kita ingin trial per tsb (roler ttp) maka semakin tinggi ukuran rpm mesin akan lebih teriak (akselerasi lebih galak) konsekuensinya belt tdk tahan lama. Jd kalo utk msn std & pemakaian harian per 1000rpm udah cukup. Utk beli puli sps ane rada lupa…entar ane info lg
Mas gisix, boleh minta harga-harga diatas tsb? Saya mau upgrade performa si matic premium nihh, makasih ya mas.
Mas Gisix, kalo mau pesen rumah roller sps + roller 14 gr RR gimana caranya? soalnya di Cirebon saya cari2 belom ada. Mohon infonya, thanks.
Coba googling aja ketik “puli sps kaskus”
permisi , kalo vario saya mau di bikin spt itu kira2 habis uang brp ya ? kalo utk mslh koil bagus pake koil yz atau koil protec ? sama utk pemasangan lnh baik di bngkel variasi atau di ahas ? tks infonya
Diperkirakan habis 1,7 jt
Kalo coil yz hrs pake modul br bisa diaplikasikan ke WTF sedangkan koil protec lgs pnp.
Utk performa lbh bgs pake modul+coil YZ.
Utk pemasangan cari bengkel variasi aja tp yg recomended
om, kenapa vario ane (125) tekor aki terus yah?
padahal udah ganti aki baru,*merk gs* sampe di tuker 2x tu aki sama owner bengkelnya,tetep aja akinya tekor
kelistrikannya standard ting2 ga ngerubah apa2
mohon pencerahan suhu ke email ini
galihpamungkas@bikerider.com
Kalo aki tekor terus2an bs disebabkan 2hal :
1. Ada kebocoran arus. Tidak boleh lebih dr 0,1A
2. Sistim pengisian kurang optimal, cek kondisi aki ketika motor langsam normal biasanya terukur 13,8- 14volt
om gisix…mo nanya nih vario 125 ane kenapa ya topspeed cuma bisa mentok diangka 100km/jam
padahal bahan bakar dari awal selalu pake shell…memang bagian cvt blm ada satu pun yang ane rubah…tpi ane share kok yg lain bisa tembus diangka 100 lbh…mohon info dan saran dong
Coba cek stelan klep hrs in/out: 0.1/0.24mm
Mas, berapa harga g6 throtle body air intake v.2nya? Plus ongkir ke jak utara
WA 083820165660
Harga 125rb blm ongkir…pm ke 083849727915
Saran, coba juga pro capacitor. dicoba oleh anak KCS akselerasi dibanding yang lain jauh. tapi bensin harus disetel ulang. fungsinya menggantikan aditif.