Slide Piece merupakan bagian dari komponen pada Drive Puli. Ciri dari Slide Piece sudah harus diganti (aus) adalah timbulnya suara klok-klok sekitar rumah CVT saat mesin putaran stasioner. Hal ini disebabkan adanya gap di komponen tersebut sehingga Ramp Plate akan bergetar yang akan menghasilkan suara aneh tersebut.
Dengan demikian Slide Piece harus diganti yang baru. Permasalahannya sekarang adalah part ini masih baru sehingga sulit untuk didapatkan dipasaran.
Solusi sementara yang dapat dilakukan adalah mengurangi agar Slide Piece tidak terlalu besar gapnya, yaitu dengan menambalnya dengan lem besi. Adapun caranya sebagai berikut :
1. Bersihkan Slide Piece dari kotoran.
2. Gunakan lem besi yang ada di pasaran. Oleskan pada permukaan coakan yang bersentuhan dengan Ramp Plate
3. Biarkan lem agak mengering (belum mengeras), pasang Slide Piece pada Ramp Plate kemudian tekan kedalam pada rumah puli.
4. Angkat Ramp Plate dan lepas Piece Slide. Periksa permukaan lem besinya akan tercetak seperti gambar dibawah.
5. Potong dengan Cutter bagian tepi got Slide Piece apabila ada lem yang berlebihan. Pasang kembali Slide Piece kemudian masukkan ke rumah puli, cek naik turun Ramp Plate tersebut harus lancar dan tidak oblak.
6. Apabila naik-turun Ramp Plate kurang lancar (seret) maka gunakan kikir untuk mengurangi ketinggian lem besi tersebut.
7. Apabila Naik-Turun Ramp Plate dirasa sudah cukup lancar dan Gap antara Slide Piece tidak terlalu lebar dan tidak oblak tentunya. Pasang kembali seperti semula.
8. Alhasil untuk sementara suara klok-klok ketika stasioner hilang. Bila udah dapet Slider Piece yang baru ganti aja ya….
waspadai kocaknya bos terhadap variator masbro….yg kalah variatornya…..
Ok…bos. Ojo lali pesenan partnya ya…
pak bunyi yang dimaksud pada saat stop n go ya? pada saat deselaraksi
motor saya dari awal bunyi bgtu apa bisa di klaim ke ahass?
Semua bunyi aneh yg berasal dr cvt sebetulnya bisa claim asal belum dilakukan modifikasi, ganti part tdk std dan buku service terisi sesuai aturan juga masih dlm masa garansi mesin
motor vario 125 saya juga ngalami bunyi aneh, asal dah turun gas pasti ada suara ktok ktok gitu,mohon penjelasan nya bos bunyi itu berasal dari mana.
Banyak faktor penyebab bunyi klotok2 itu… bila motor masih dibawah 15000km kemungkinannya adalah :
1. Piece slide aus.
2. Ada bagian permukaan roler yg aus.
3. Jalur / got roler kotor.
Mengapa bunyi tsb dpt terjadi ?. Disaat deselerasi, rumah roler dan ram plate akan menyempit nah… ketika ram plate menyempit ke 6 roler akan menahannya tetapi tidak semua roler dpt menahan plate ini sehingga ada 1 atau 2 roler yg bervibrasi shg akan timbul suara aneh tsb
Coba d periksa v belt nya…kemungkinan sudah molor sehingga v belt akan menyentuh rumah CVT apabila turun gas..vario 125 ane jga ngalami hal yg sama…setelah sya ganti v belt dgn FR 18grm suara ktok ktok hilang…vario 125 ane berumur 10bln tpi sdah mnempuh 26400km..salam kenal
bagai mana dengan punya vario cw apa ga sama slide picenya bro
Slide piece vario 110 beda ama 125
Mas Bro Gisix,
hal seprti ini jg sudah saya alami saat 100km pertama(*baru.bunyinya memang ngga “nglotok” cm ‘ngletek” dan saat start jd agak geder ke Stang(Roller std sudah dibalik dgn posisi kuning berhadapan).
setelah di chek Slide piece nya memang agak oblag dan diganjal pk kertas tebal, cm skr sudah kambuh lagi.
– Apakah bisa diganjal dengan plat stainles tipis yg sudah dibentuk sesuai alur karetnya???
salam
Bisa jg diganjal dgn potongan dr minuman kaleng
ok MAs Bro…matur suwun.informasinya
mas bro gue pnasaran dgn cvt matik honda knpa lbh awet dari cvt yamaha,prbedaanya apa saja…co
Vario ane klo di gas awal suka bunyi klok klok dibagian cvt nya…. tapi setelah jalan hilang pas lepasngas bunyinitu muncul lagi… pas dibuka cvt nya ada bekas ceplakan vbelt di bagian bawah blok cvt nya…apa itu pengaruh nya sama oblag di bagian yg di lem besi tadi …. km mtr ane baru 11000 gan mksh
Suara Klotok2 tsb biasanya slide piece sudah oblak atau roler udah peang.
Bos vario ane 125 km br 4500,timbul jg suara klok2 pd saat stasioner apalagi pas mesin adem suaranya kenceng bgt,cm pas mesin panas suara klok2 ilang,kira2 apa jg sdh kna piace slidenya
Yup… piece slide udah longgar
Getar di 40-60kpj juga bisa karna slide pice aus, walau ganti roller sekali pun tetap aja getar,,, di stasioner bunyi klotok-klotok dipully depan,,,,
di paten gitu gak apa2 mas.?
Gpp….mas. Umur Slide piece saya skr udah mencapai 30ribu km ga ada masalah
Slide Piece aus biasanya karna variator masih baru, nanti stelah ganti slide piece akan lebih awet karna permukaan yg bergesekan dengan slide pice sudah lebih halus, jd gk mengikis slide piece lagi,,, murah nih part, cuman langka,,, untung ane dapet di ahass terdekat, gk perlu beli online atau indent,,,
apa benar getar/gredekgredek disebabkan piece slide sudah aus? klo yg punya pcx bisa langsung pnp gak.. tengkyu
Kalo masalah slide piece aus biasanya efeknya ke bunyi klotok2…
Kalo getar biasanya berhubungan dengan kampas kopling, bearing aus atau puli spn/blkng yg tdk balance
Akhirnya terjawab sudah bro-bro diatas berbicara, sekarang tinggal eksekusi ke bengkel krn gak punya tools buka cvt sendiri pdhal gampang ngerjainnya.
sudah keluar made in Dr.pulley
http://www.kaskus.co.id/thread/545765041cbfaa0e2a8b4577/slide-piece-honda-vario-125-honda-pcx
Gan ane punya Mtor vario cw 110 dibagian cvt ada bunyi swings sperti pruit saat gas sudh kembali turun, lg tc keAHASS kta’a laher bambu’a haus sdh ganti keseluruhan 1 set seal as’a jg tpi tetap jc bunyi juga apa pengaruh jg dri gear box yg haus kta mekanik usaha kecil barang x da yg pengalaman???????
Coba belt semprot pake belt dreser